Doa Kafaratul Majlis ( doa penutup majelis)


Assalamu'alaikum, Sahabat Doaku pada kesempatan kali ini kami akan membagikan "Doa Kafaratul Majlis" atau biasa kita ketahui dengan Doa Penutup Majlis. pasti sahabat sudah mengetahuinya tapi disini kami ingin sedikit berbagi kepada sahabat yang belum mengetahuinya.

Setiap akan beranjak dari majlis, pembawa acara selalu menutup dengan bacaan Doa Kafaratul Majlis...

Alasan mengapa do'a Kafaratul Majlis dibaca adalah karena terkadang di dalam pertemuan sering mengandung pembicaraan yang tidak berguna dan sebagainya dan dengan do'a Kafaratul Majlis ini, dapat menghapuskan segala kesalahan dan segala yang tidak berguna dalam majlis tersebut.

Abu Hurairah r.a berkata.Rasulullah saw bersabda :
"Barangsiapa yang berada pada suatu majlis, kemudian pada majlis tersebut tedapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majlis, mengatakan hal yang ini (Kaffaratul Majlis) , 'Mahasuci Engkau ya Allah  dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau,,aku memohon ampun pada-Mu.' Kecuali telah diampuni baginya apa yang ada pada majlis tersebut." (HR Tirmidzi)

Doa ini disebut doa Kafaratul Majlis karena keutamaannya adalah sebagai penebus dosa dalam majelis, sebagaimana sabda Rasulullah saw :

Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu'anhu ia berkata : "Jika Rasulullah saw hendak bangun dari suatu majlis beliau membaca : Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa 'atuubu ilaik. Seorang sahabat berkata : "Ya Rasulullah Engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engakau baca?" Beliau menjawab:"Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis " . (HR Abu Daud)

Berikut ini doa kafaratul majlis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allailahailla anta astaghfiruka wa’atubu ilaik

Artinya : "Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu." (HR. Tirmidzi, Shahih)

Sahabat yang dirahmati Allah, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua & semoga Allah selalu menunjukkan jalan yang lurus kepada kita, yaitu jalan orang-orang yang telah diberikan nikmat.. bukan jalan orang yang dimurkai Allah dan bukan  pula jalan orang-orang yang sesat... aamiin

0 Response to "Doa Kafaratul Majlis ( doa penutup majelis)"

Post a Comment

Silahkan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
Gunakan bahasa yang baik dan sopan
Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).